Selasa, 07 Agustus 2018

TUTORIAL MEMBUAT FORM LOG IN TANPA DATABASE DI NETBEANS


TUTORIAL MEMBUAT FORM LOG IN TANPA DATABASE DI NETBEANS

Pada kali ini,saya akan memaparkan bagaimana cara membuat form log in tanpa database menggunakan bahasa pemrograman java di aplikasi Netbeans. berikut langkah-langkahnya :

1. Buka aplikasi netbeans buat proyek baru seperti biasa dengan membuat form.
2.Buatlah desain seperti gambar dibawah menggunakan pallete label untuk tulisan ‘LOG IN HERE,USER,PASSWORD’, gunakan Text Field untuk tempat menginput user dan Password Field untuk menginput Password. Sedangkan untuk ‘SIGN IN,CLEAR,CLOSE’ gunakan Button.



3. jika sudah selesai membuat desain,klik kanan pada button SIGN IN => Events => Action => Action Perfomed . Masukkan source code dibawah ini yang sudah saya blok. Untuk user dan password bisa disesuaikan dengan keinginan anda.



4. Selanjutnya,klik kanan pada button CLEAR => Events => Action => Action Perfomed . Ketik source code di bawah ini yang sudah saya blok.


5. Terakhir,klik kanan pada button CLOSE => Events => Action => Action Perfomed . Ketik source code di bawah ini yang sudah saya blok.



Coba jalankan program tersebut klik Run => Run File atau tekan Shift+f6
Masukkan user dan password yang tadi di buat di source code.


Jika user dan password yang anda masukkan sesuai dengan apa yang anda ketik di source code maka akan muncul message dialog “LOG IN SUCCESS”. Anda akan masuk ke form baru,form tersebut bisa diisi dengan program atau apa saja yang butuh untuk log in terlebih dahulu.


Jika anda salah memasukkan user dan passwordnya,maka akan muncul message dialog “LOG IN FAILED”



Itu simplenya membuat form log in sederhana,semoga bermanfaat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tag HTML

2. Tag Text Area <textarea>             Tag ini sama dengan input text,namun lebih besar dan dapat berisi banyak baris. ...