Rabu, 01 Agustus 2018

Jaringan-jaringan pada Komputer


MENGENAL JARINGAN KOMPUTER

Apa kalian pernah mendengar kata LAN,MAN,WAN,PAN? Itu merupakan jaringan-jaringan komputer. Simak ulasannya dibawah ini :

1. LAN (Local Area Network)
            Jaringan Komputer lokal. Jaringan yang menghubungkan komputer-komputer tidak terlalu jauh. Biasanya diterapkan pada komputer-komputer yang berada dalam satu gedung/suatu area kantor dengan radius maksimum 10 KM. Kecepatan pengiriman data relatif tinggi (1-100Mbs). Biasanya dimiliki suatu perusahaan tanpa menggunakan fasilitas dari perusahaan telekomunikasi umum.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
            Jaringan komputer yang cakupannya lebih luas dari LAN. Memiliki radius 10-50 KM. MAN merupakan pilihan untuk membangun jaringan komputer antar kantor dalam suatu kota. Biasanya dicirikan dengan koneksi kecepatan tinggi menggunakan kabel fiber optik dan media digital lainnya.

3. WAN (Wide Area Network)
            Komputer-komputer pada jaringan ini dihubungkan dengan line telepon atau gelombang radio. Jaringan WAN dapat mencakup radius kerja antar benua,melewati batasan negara dan bersifat umum. Kecepatan transmisi data di bawah 1 Mbps.

4. PAN (Personal Area Network)
            Jaringan komunikasi satu perangkat dengan perangkat lainnya dalam jarak dekat,hanya dalam beberapa meter saja. Untuk teknologi yang digunakan antara lain Wireless Application Protokol (WAP) dan Bluethooth.
Kegunaan PAN :
1. Menghubungkan perangkat-perangkat komputer
2. Sebagai media komunikasi antara perangkat sendiri. Contohnya : Mouse Wireles

Itulah penjelasan mengenai jaringan-jaringan komputer,semoga bermanfaat...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tag HTML

2. Tag Text Area <textarea>             Tag ini sama dengan input text,namun lebih besar dan dapat berisi banyak baris. ...