Selasa, 31 Juli 2018

Mengenal Atom Text Editor


ATOM TEXT EDITOR

Bagi anda seorang programmer tentu saja akan terlibat dengan aplikasi text editor,bukan begitu?

Ada beberapa text editor,contohnya Sublime Text,NotePad++,Atom dan lain-lain. Untuk bahasan kali ini, saya akan memperkenalkan aplikasi text editor yaitu Atom. Apa itu Atom Text Editor?

Atom Text Editor

Atom adalah text editor yang bersifat Free Source dan Open Source bagi macOS,Linux dan Microsoft Windows. Atom dilengkapi dengan plug-in yang di tulis dalam node.js yang dikembangkan oleh GitHub. Atom merupakan aplikasi desktop yang dibuat memakai teknologi web.
Menggunakan Atom sebagai Text Editor PHP
Download Atom
Kunjungi situs atom (https://atom.io) kemudian tekan tombol "Download Windows Installer" atau sesuai dengan sistem operasi Anda.
Instalasi
Jalankan installer yang telah berhasil didownload, tunggu beberapa saat sambil menikmati gambar animasi roket.
Setelah selesai, maka atom langsung akan dijalankan.



Cara Menggunakan atom
Misalkan Anda menggunakan XAMPP sebagai webserver PHP, cukup buka folder C:/xampp/htdocs, atau lokasi sesuai ServerRoot apache Anda, klik kanan foder tersebut dan pilih "Open with Atom".



 Anda kemudian dapat mengedit, menambahkan file atau menambahkan folder sesuka hati anda. Dengan mengklik kanan folder / project, pilih "New File" atau "New Folder" dan kemudian mengetikkan nama file atau folder yang diinginkan. Misalkan kita tambahkan file atom.php



Ketikkan kode berikut pada file atom.php

Syntax highlighting pada atom akan otomatis bekerja, memberi kita gambaran jelas mana yang variabel, mana yang string dan sebagainya.
Untuk menjalankan script tersebut, buka browser, dan ketikkan localhost/atom.php. Jangan lupa untuk menghidupkan service apache di XAMPP.

Kemampuan Atom Text Editor

Adapun kemampuan Atom yaitu :


  • §  Kemampuan yang pertama adalah atom merupakan salah satu aplikasi Open Source alias GRATIS. Dengan begitu anda tidak akan dituntut untuk memberi lisence product ini dengan tarif tertentu.
  • §  Yang kedua yaitu dengan menggunakan Atom Text Editor anda sebagai Programmer bisa langsung terkoneksi dengan project anda yang ada di GitHub. Tentunya jika anda menginginkannya,anda sudah harus melakukan instalasi git svn .
  • §  Kemampuan yang ketiga yaitu bisa dengan mudah melakukan instalasi packages yang anda butuhkan demi mendukung perfoma dan kebutuhan anda sebagai Programmer dalam menulis code.
  • §  Selanjutnya yaitu menyediakan banyak theme  yang dapat anda gunakan untuk mempercantik text edior kesayangan agar anda tidak bosan saat menulis dan melihat lautan teks coding.
  • §  Dan yang terakhir, ada fitur customize styling yang artinya anda bebas merubah settingan atom yang mau anda pakai,karena pada dasarnya memang atom dibuat menggunakan electron dan javascript,jadi untuk style sama seperti anda menulis file css.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

tag HTML

2. Tag Text Area <textarea>             Tag ini sama dengan input text,namun lebih besar dan dapat berisi banyak baris. ...